Digital Agency Medan – Istilah digital marketing mungkin sudah banyak orang yang mengenalnya. Tapi tidak semua orang memahami soal penerapannya. Bagaimana potensi penerapan digital marketing di Indonesia kedepannya, simak ulasan berikut ini.
1. Promosi di Sosial Media
Seperti yang sudah diketahui orang banyak jika Sosial media kini menjadi suatu fenomena dimana tempat segala yang viral bermula. Antusiasme orang yang tinggi di sosial media bahkan kini bisa menyaingi televisi. Pasar sosial media yang besar membuat banyak orang ikut mempelajarinya.
Hingga muncul para spesialis khusus di bidang sosial media yang bisa dibilang masuk juga dalam strategi dan penerapan digital marketing. Banyak pasar yang bisa diraih dari media sosial, karena ini adalah cara yang ampuh dalam mempengaruhi konsumen dari mata sampai telinga konsumen.
Apalagi ini dilakukan secara gratis tidak perlu bayar jika memanfaatkan sosial media. Kecuali jika ingin memanfaatkan fitur khusus dari sosial media agar konten di promosikan, maka itu berbayar.
2. Blasting Email
Potensi lain yang bisa dikembangkan untuk digital marketing di Indonesia adalah Blasting Email. Cara ini, merupakan cara yang baik dalam menawarkan sesuatu pada konsumen lewat email yang sudah didapatkan dari pengumpulan data.
Email yang didapatkan lewat perekaman data bisa dikumpulkan lewat berbagai cara. Contohnya dengan memanfaatkan event giveaway atau mengadakan suatu seminar. Di sanalah, banyak data yang terkumpul secara gratis dan bisa dikumpulkan dengan izin dari pengisi formulir.
Cara ini sebelum sosial media sekuat sekarang sangat efektif, namun ini masih belum bisa diremehkan. Potensi dari email blasting masih bisa dimanfaatkan mengingat email juga penting, karena masih digunakan jutaan orang.
Baca juga: Pengaruh Digital Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan
3. Beriklan Menggunakan Konten
Konten yang disiapkan sebaik mungkin mengikuti trend akan menjadi sesuatu yang menarik. Banyak konten viral yang mengikuti trend dan berhasil memikat banyak engagement. Hasilnya banyak orang yang mengenal brand atau suatu produk berkat konten tersebut.
Hal yang perlu ditekankan adalah bagaimana bisa mengikuti hal yang sedang viral namun tetap menonjolkan sesuatu yang ingin ditampilkan baik itu brand atau produk. Ini bisa lebih berpeluang memikat penonton secara gratis daripada harus membayar fitur promosi.
Jika konten yang dibuat viral, maka secara otomatis algoritma dari sosial media akan merekomendasikannya kepada lebih banyak orang.
4. Optimasi SEO
Potensi yang tak kalah menjanjikan juga hadir melalui riset google. Hal ini menjadi kunci dari banyaknya permasalahan digital marketing. Riset kata kunci di google lewat google trend, menjadi jawaban dari persoalan mengenai apa yang dibutuhkan pasar.
Google trend bisa melihat apa saja kondisi terkini yang dialami oleh dunia. Perilaku netizen atau pengguna, internet bisa terlihat lewat riset dari google trend. Kebutuhan pasar, bisa dilihat hanya dengan mengetikkan kata kunci saja dan muncul banyak kata kunci turunan.
Semua itu, muncul berkat sesuatu yang relevan dan banyak dicari orang. Hal ini bisa terwujud berkat optimasi yang dilakukan pada teknik SEO. Hal ini harus dilakukan guna pencarian pada produk atau brand bisa berada di posisi paling atas.
Melalui riset juga bisa ditentukan apa yang pasar butuhkan. Melalui pengetahuan tentang apa yang dibutuhkan pasar, bisa disimpulkan untuk tujuan marketing yang akan dilakukan.
Ingin bikin website nangkring di Posisi Terbaik Google? Kaiamedia menyediakan Jasa SEO Website
Itulah beberapa hal yang bisa jadi potensi penerapan digital marketing di Indonesia kedepannya. Jika memerlukan website demi mendukung penerapan digital marketing untuk usaha bisa hubungi Kaia Media untuk lebih lanjutnya.
Punya Bisnis dan Ingin Go Digital? Kaiamedia siap membantu mewujudkannya. Untuk informasi lebih lanjut Hubungi Kami melalui kontak person yang tertera di website ya. Semoga Bermanfaat~