Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa, dari Struktur Hingga Tujuan

. 25 Juli 2024

Jasa SEO Medan – Artikel ternyata ada dua jenis, yakni artikel SEO dan artikel biasa, Namun apa perbedaan artikel SEO dan artikel biasa?

Padahal, keduanya memiliki struktur serta fungsi yang berbeda. Untuk mengetahui perbedaannya, dapat menelaah masing-masing karakteristik yang ada pada artikel tersebut.

Karakteristik Artikel SEO

Perbedaan Artikel SEO vs Artikel Biasa

Artikel dikatakan SEO jika ada kaidah tertentu yang lebih mudah disukai oleh mesin pencari. Dengan memasukkan kaidah tersebut (biasanya merupakan keyword), kemungkinan besar article tayang di halaman terdepan search engine.

Saat ini banyak jasa SEO yang menyediakan penulisan artikel agar sesuai dengan kaidah SEO dan dapat tampil di halaman terdepan. Agar lebih memahaminya, berikut beberapa karakteristik artikel SEO:

  • Ada keyword di judul. Tujuannya untuk memenuhi target algoritma Google. Dimana algoritma ini mengidentifikasi kata kunci yang dicari pembaca, kemudian mencarikan artikel yang judulnya mengandung keyword tersebut.
  • Keyword diletakkan beberapa kali dalam artikel. Perannya sangat penting agar mesin pencari dapat menemukannya.
  • Seringkali disertai internal maupun external link. Bertujuan mengarahkan menuju website lain. Dengan begitu, pembaca bisa menemukan informasi terkait di halaman lain sebagai referensi tambahan.

Karakteristik Artikel Biasa

Sebelum berlanjut ke perbedaan artikel SEO dan artikel biasa, mari mengenali tentang karakteristiknya. Artikel biasa (natural) penulisannya tidak terikat kaidah SEO. Tulisan ini umumnya mengacu untuk pembahasan ilmiah atau informasi yang mengisi blog. Berikut karakteristik yang dimilikinya:

  • Tidak menargetkan adanya keyword tertentu.
  • Penulisan judul natural, tidak ada kewajiban mengikutsertakan kata kunci.
  • Artikel tidak terikat aturan SEO, sehingga mengalir bebas dan enak dibaca sesuai keinginan penulis.
  • Jarang ada penggunaan link atau tidak sama sekali.

Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa

Sebelumnya telah dijelaskan karakteristik dari masing-masing jenis artikel. Berikutnya yang perlu diketahui adalah apa saja pembeda dari keduanya. Terdapat beberapa poin penting yang berbeda, yaitu:

1. Struktur Penulisan

Menilik dari struktur penulisannya, hal yang lebih ditekankan di artikel SEO yaitu penulisan yang terfokus dengan keyword serta sub heading. Penulisannya dinamis, dengan peletakan keyword sesuai kaidah tertentu yang pas agar artikel mudah ditemukan.

Sementara itu, artikel natural tidak berfokus dengan kemunculan keyword ataupun sub heading. Fokusnya lebih pada isi yang diberikan, mulai dari pendahuluan hingga penutupnya sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

FYI: selain struktur penulisan, Struktur URL Website yang SEO Friendly menjadi salah satu faktor penting yang tidak boleh diabaikan.

2. Gaya Bahasa

Dalam artikel SEO, penulis cenderung menggunakan bahasa yang mengacu dengan PUEBI. Sebab, topik yang disampaikannya cenderung formal dan informatif. Selain itu, PUEBI juga memudahkan mesin pencarian di Google dalam menemukan artikel ini.

Lain halnya dengan artikel biasa. Bahasa yang digunakannya lebih fleksibel. Meskipun pembahasannya formal pun bisa lebih santai seperti menyapa pembaca. Tulisan biasanya memposisikan diri sebagai teman. Sehingga, pembaca merasa rileks ketika membaca dan menyerap topik dalam artikel tersebut.

3. Tujuan

Tujuan penulisan kedua artikel pun berbeda. Pada artikel SEO, tujuannya adalah memaksimalkan pencarian di mesin Google. Intinya, artikel bersaing dengan yang lainnya sehingga dapat menjadi konten yang lebih baik dan mudah diakses pembaca.

Berbeda dengan artikel natural yang tujuannya murni menyampaikan informasi ke pembaca. Tidak terlalu berfokus pada pemasaran, namun memuaskan keinginan pembaca akan suatu topik atau informasi yang dibutuhkannya.

4. Topik

Di artikel SEO, topik bahasannya cenderung informatif. Umumnya berkisar di karir, pembelajaran, review, ulasan teknologi, dan sebagainya. Artikel bisa didapatkan dari Google, oleh sebab itulah mengutamakan keyword.

Sebaliknya, artikel natural umumnya membahas topik yang bersifat spesifik/khusus. Misalnya pembahasan seputar penelitian dari jurnal, mengulas karakter tokoh anime favorit, dan masih banyak lainnya.

Demikian informasi tentang perbedaan artikel SEO dan artikel biasa yang perlu diketahui. Dengan mengenali perbedaannya, akan memudahkan dalam membuat penulisan artikel sesuai dengan kebutuhan.


Ingin Website Bisnis Anda berada di Halaman 1 Google? Hubungi Kami sekarang untuk informasi dan konsultasi ya.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait
. SEO, Domain . 10 Agustus 2024
kaiamedia.id – Memilih nama domain, merupakan langkah awal yang penting dalam membuat suatu website. Sebelum membeli nama domain, pastikan terlebih dahulu apakah domain yang dipilih adalah domain yang bagus untuk SEO atau tidak. Dalam menentukan nama domain, itu sama halnya dengan memilih alamat rumah. Nama domain harus mudah ditemukan oleh pengguna atau mesin pencari. Sebelum ... Read more
. SEO . 10 Agustus 2024
Kaiamedia.id – Apakah ada langkah mudah menguasai SEO terbaru? Mungkin ini menjadi kerisauan sekaligus pertanyaan dari banyak kalangan jika baru berkecimpung dengan pekerjaan berbau dengan SEO. Apalagi teknik dalam optimasi search engine ini, sangat berpengaruh dalam berbagai bidang. Tapi, ternyata ada sejumlah langkah mudah untuk bisa mengenal dan mempelajari ini secara cepat. Baik itu untuk ... Read more
. SEO . 6 Agustus 2024
kaiamedia.id – Judul merupakan hal utama yang wajib diperhatikan pada suatu artikel karena merupakan pintu, agar pengunjung tertarik membacanya. Namun cara membuat judul menarik yang SEO friendly, seringkali menjadi permasalahan setiap penulis khususnya pemula. Meski terlihat mudah, pada dasarnya membuat judul tidak bisa dilakukan sesuka hati. Selain sebagai optimasi suatu artikel, judul juga menjadi daya ... Read more
. SEO . 7 Agustus 2024
Jasa SEO Website – Dunia digital yang berkembang cepat membuka kesempatan di berbagai bidang, tak terkecuali spesialis pemasaran. Bagi yang ingin belajar cara menerapkan SEO pada website untuk menjadi spesialis pemasaran, ternyata dapat dilakukan dengan mudah. Beberapa kelas online tersedia dengan biaya yang cukup sesuai. Pemasaran digital, menggunakan teknologi yang tersedia lebih banyak sehingga dapat ... Read more
. SEO . 3 Agustus 2024
Kaiamedia.id – Untuk meningkatkan performa SEO dalam sebuah website, dibutuhkan pemahaman mengenai struktur URL yang bagus untuk mendukung SEO on page. Sebenarnya, cara meningkatkan performa tidak hanya pada permalink, melainkan secara keseluruhan. Namun URL seringkali terabaikan, padahal optimasi situs melalui URL termasuk penting. Bahkan bisa dikatakan merupakan salah satu kunci utama, supaya mesin browser bisa merekomendasikan di ... Read more