kaiamedia.id – Perkembangan dunia hingga saat ini cukup pesat membuat segala perkembangan berarah menuju digitalisasi termasuk marketing. Jadi bisa dibilang digital marketing sangat berperan di era bisnis sekarang. Lalu apa faktor pendukung dan penghambat digital marketing di Indonesia? Simak ulasan berikut:
Faktor Pendukung Digital Marketing
Ada beberapa hal yang mendukung berkembangnya era digital marketing di Indonesia. Mulai dari perilaku konsumen yang berubah hingga kemajuan internet yang membuat orang lebih memilih melakukan segala hal lewat internet. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa faktor pendukungnya:
1. Perilaku Konsumen
Hal pertama yang menjadi faktor pendukung digital marketing adalah perilaku konsumen. Kini peran utama dalam perkembangan ekonomi digital ada di tangan konsumen. Tindakan konsumen yang selalu mengikuti perkembangan zaman, membuat banyak hal yang ikut berubah.
Perubahan ini yang harus selalu diikuti oleh pelaku digital marketing. Para pelaku digital marketing harus selalu up to date terhadap perkembangan yang terjadi. Sehingga adanya hal tersebut, bisa dibuat suatu perencanaan agar bisa memberikan rekomendasi yang tepat bagi konsumen.
Konsumen pun akan dengan senang hati memilih rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka berdasarkan riset yang dilakukan. Contohnya kini banyak rekomendasi yang bermunculan, sesuai dengan kebutuhan konsumen di e-commerce.
2. Peran Generasi
Faktor pendorong kedua ini juga cukup kuat bagi perkembangan digital marketing. Faktor generasi disini, banyak dilakukan oleh para milenial dan gen z yang karakternya ingin selalu mencoba banyak hal untuk diadaptasikan.
Kemampuannya itu juga didukung oleh pendidikan yang cukup mumpuni. Banyak dari gen z sekarang yang sangat paham, terhadap perkembangan teknologi dan tidak segan untuk belajar hal baru. Ini sangat menjadi ciri generasi muda sekarang.
3. Jangkauan Internet
Faktor pendorong digital marketing yang ketiga jelas dari sisi jangkauan internet. Kini semakin luas jangkauan dari Internet, dan tidak lagi berpusat di sekitaran kota besar saja. Bahkan desa-desa terpencil sudah bisa merasakan bagaimana perkembangan internet.
Internet sendiri sangat penting perannya di era digital marketing karena segala aktivitas akan dilakukan di dunia digital. Tanpa jaringan internet yang baik, membuat peran di dunia digital tidak berjalan semestinya.
Masyarakat yang hidup di masa lalu tidak sempat terpikirkan melakukan hal yang sama, karena keterbatasan internet. Jaman dulu internet tidak sekencang sekarang, hingga membuka sebuah browser saja butuh waktu beberapa menit hingga terbuka.
Faktor Penghambat Digital Marketing
Faktor pendukung dan penghambat digital marketing sangatlah penting untuk diketahui. Perlu diketahui bahwa digital marketing juga banyak rintangannya jika ingin diterapkan seperti ada skill yang harus dipelajari, hingga pertentangan dari kultur lama. Berikut beberapa faktor penghambatnya:
1. Skill Baru Seputar Digital Marketing
Kemajuan bisnis di dunia digital marketing juga harus dilalui dengan pengorbanan. Belajar hal baru dan menambah skill di dunia digital marketing sangat memerlukan waktu jika ingin beradaptasi dengan kemajuan.
Teknologi yang digunakan untuk mendukung digital marketing sangat berbeda dengan marketing konvensional. Biaya yang dibutuhkan juga tidak sedikit, sehingga menuntut pengorbanan untuk mendapatkan hal tersebut.
Inilah tantangan baru yang harus dihadapi pelaku bisnis demi bisa mengikuti perkembangan zaman. Jangan sampai memaksa pegawai untuk beradaptasi dengan digital marketing tanpa persiapan dan dukungan.
2.Pengadaan Perangkat teknologi
Hambatan lain yang bisa muncul adalah bagaimana mengadakan perangkat yang mumpuni untuk digital marketing. Semua perlu disiapkan mulai dari Perangkat komputer yang mendukung, sampai ke jaringan internet yang stabil guna menunjang hal tersebut.
Semua itu membutuhkan modal yang tidak sedikit bahkan untuk sebuah komputer atau laptop saja butuh, hingga belasan juta agar bisa digunakan banyak hal. Tanpa modal yang cukup pengadaan perangkat itu tidak bisa dilakukan dengan optimal.
3.Kultur lama
Kultur atau kebiasaan lama yang biasanya dilakukan secara manual dan konvensional akan sulit dipindahkan menjadi serba online. Akan muncul berbagai macam pertentangan dan ketidaknyamanan dari banyak pihak, apalagi jika muncul pertentangan dari para senior ini sangat jadi hambatan yang nyata.
Itulah beberapa hal yang menjadi faktor pendukung dan penghambat digital marketing. Jika memerlukan pembuatan website untuk mendukung digital marketing bisa hubungi digital marketing medan untuk konsultasi lebih lanjut.